Begitu banyak toko online komputer, lalu pilih yang mana ?

Dengan semakin banyaknya jumlah pengguna internet di indonesia, saat ini semakin banyak pula bermunculan toko komputer online baik besar maupun kecil. Besar disini saya artikan memiliki budget yang besar dalam anggaran marketing mereka , sedangkan untuk pengertian kecil merupakan toko online komputer yang tidak memiliki budget marketing yang terlalu besar.

1. Pilih yang memiliki toko fisik

Memiliki toko fisik yang dapat anda cek  akan memudahkan apabila nanti terjadi complain ataupun tukar barang. Anda dapat memilih toko online yang juga memiliki toko fisik Seperti contohnya bhinneka yang memiliki beberapa toko cabang di Jakarta dan Kliknklik.com yang juga memiliki beberapa toko cabang yang tersebar di jakarta dan luar jakarta seperti bekasi, depok hingga bandung.

2. Pilih yang memiliki cabang perwakilan di kota tempat anda tinggal

Pilih yang terdekat dengan area dimana anda tinggal, hal tersebut juga akan memudahkan anda saat melakukan proses pasca transaksi seperti penukaran barang, komplain barang, engurusan garansi produk hingga bayar barang di toko.

3. Banyak produk = bagus ?

Perlu diingat, bahwa toko online komputer yang memiliki begitu banyak barang bukan berarti menandakan toko online tersebut merupakan toko yang layak anda gunakan sebagai partner berbelanja. Anda harus lebih teliti apakah toko tersebut merupakan penjual barang secara langsung atau memiliki sistem dropship (dimana pemilik toko online tidak memegang barang yang dijualnya, dan barang yang anda beli akan dikirimkan langsung oleh supplier ). Apabila memiliki sistem dropship biasanya waktu pengiriman barang akan lebih lama.

4. Desain toko online yang tidak asal

Desain website yang profesional, merupakan ciri bahwa sang pemilik toko memperhatikan websitenya dengan baik dan tentunya memperhatikan dan peduli kepada anda sebagai pengunjungnya.

5. Kecepatan pelayanan supportnya

Saat anda akan mencoba berbelanja, coba lakukan testing pertanyaan kepada supportnya baik via email, sms dan live chat yang tersedia. Lihat waktu respon dan cara mereka menjawab. Dari kedua hal tadi anda akan mengetahui apaka toko online komputer tersebut merupakan toko yang layak anda jadikan sebagai partner berbelanja atau tidak.

Semoga beberapa tips sederhana di atas akan membantu anda untuk menemukan toko online terbaik yang tepat untuk anda. Selamat berbelanja dan happy online shopping